RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Sekolah : SDN Merah putih
Kelas
/ Semester : VI / 1
Tema
4/ Subtema1 :Berbagai Pekerjaan
/ Jenis-Jenis Pekerjaan
Pembelajaran : 1
Alokasi
Waktu : 1 x 15 menit
A.
KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama
yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman,
guru dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa indonesia
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan
tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Indikator:
·
Menemukan informasi
tentang teh dan proses pembuatannya melalui kegiatan membaca
Ips
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi
Indikator
:
·
Mengidentifikasi jenis-jenis pekerjaan berdasarkan
kondisi geografis daerah tepat tinggal
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan kegiatan membaca
dan menganalisa, siswa mampu menemukan informasi tentang teh
2.
Dengan kegiatan
membaca peta, siswa mampu menjelaskan hubungan antara beberapa jenis pekerjaan
dengan kondisi geografis daerah tempat tinggal dengan benar.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Menggali informasi
dari teks bacaan
2.
Jenis-jenis
pekerjaan berdasarkan kondisi geografis tempat tinggal
E.
METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan :
Saintifik
·
Metode :Demonstrasi
F.
SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
·
Sumber:
ü Buku Siswa Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
ü Buku Guru Tema
: Selalu
Berhemat Energi Kelas IV (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
·
Alat dan Media:
ü Teks bacaan, gambar, peta
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
Guru
mengecek kesiapan diri siswa dengan
menanyakan kabar siswa dan menanyakan apakah ada siswa yang tidak masuk
Menginformasikan subtema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ”jenis-jenis pekerjaan”.
Guru memberi sedikit ulasan tentang pembelajaran minggu
sebelumnya
|
1 menit
|
Inti
|
Jenis-jenis pekerjaan
·
Guru memberikan teks
bacaan tentang ”Ulil Si Daun Teh” pada siswa
·
Setelah itu, Siswa diminta untuk mengamati gambar proses pembuatan teh
·
Siswa
diminta berdiskusi dengan seorang teman untuk menjawab pertanyaan yang ada di
bawah teks bacaan mengenai proses
pembuatan teh dan pekerjaan yang
ada di perkebunan tersebut
·
Setelah itu, siswa
diminta untuk menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas
·
Guru meminta siswa
untuk mengamati peta sederhana yang ada di papan
tulis
·
Setelah itu, Siswa diminta untuk mengamati tiga gambar yang berisi tiga jenis pekerjaan dari di tiga tempat yang berbeda.
·
Guru meminta setiap
siswa untuk menceritakan keadaan wilayah
tempat tinggal mereka dan jenis-jenis pekerjaan yang ada, serta menuliskannya
di buku.
·
Setelah itu, siswa
diminta untuk membaca cerita yang mereka tulis di depan kelas.
|
7 menit
|
Penutup
|
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing
|
2 menit
|
H.
PENILAIAN PEMBELAJARAn
1.
Penilain Pengetahuan
|
|
Aspek yang dinilai
|
|
||
No
|
Nama
|
Menyimak
(30)
|
TM
(40)
|
TK
(30)
|
NA
|
1.
|
Putri
|
|
|
|
|
2.
|
Siti
|
|
|
|
|
3.
|
Zyan
|
|
|
|
|
4.
|
............
|
|
|
|
|
KETERANGAN: Berilah
tanda centang (P)
pada kolom yang sesuai
2.
Penilain Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Disiplin
|
Teliti
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zyan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT
: Belum Terlihat
MT : Mulai
Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
SM : Sudah
Membudaya
Berilah
tanda centang (P)
pada kolom yang sesuai
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( R. ABD AZIS, M.PD )
NIP ..................................
|
|
Selasa 09, Mei 2017
Guru Kelas IV
( MIFTAHUL JANNAH )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar