Rabu, 12 April 2017

RPP TEMATIK KELAS 1 SD



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SDN Merah putih
Kelas / Semester          : I / 1
Tema / Subtema          : Diriku / Tubuhku      
Pembelajaran               : 3
Alokasi Waktu            : 1 x 15 menit

A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosa kata tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
Indikator :
3.4.1 Menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat

Ppkn
4.2 Melakukan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator
3.2.34 Menggali informasi tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya          dengan  aturan menjaga kesehatan tubuh di rumah.
C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
                1.         Dengan memperhatikan gambar dan melihat contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang tepat saat duduk dan membaca.
                2.         Dengan mengamati gambar dan mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menggali informasi tentang waktu yang tepat untuk tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.

D.    MATERI PEMBELAJARAN
¡  Cara membaca dengan tepat
¡  Menjaga kesehatan tubuh

E.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               : Demonstrasi

F.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2015, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Buku Guru Tema :  Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2015, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡  Gambar-gambar posisi tubuh saat membaca




G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
  Guru mengecek kesiapan diri siswa dengan menanyakan kabar siswa dan menanyakan apakah ada siswa yang tidak masuk
  Menginformasikan subtema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”tubuhku”.
  Guru memberi sedikit ulasan tentang pembelajaran minggu sebelumnya
3 menit
Inti
Tubuhku
·         Guru memancing siswa dengan bertanya apakah ada yang suka membaca? Buku apa yang suka dibaca? Minta siswa mendemonstrasikan posisi duduk dan jarak mata dengan objek saat membaca di rumah.
·         Guru mengamati para siswa.
·         Setelah itu, guru memperlihatkan gambar yang menunjukkan posisi tubuh yang tepat saat membaca. Guru juga memperlihatkan gambar yang menunjukkan poisisi tubuh dan jarak mata dengan objek saat membaca.
·         Guru bertanya pada siswa apa pendapat mereka tentang gambar-gambar tersebut. Minta siswa membandingkan antara gambar dengan posisi tubuh mereka saat duduk dan membaca yang mereka demonstrasikan.
·         Setelah selesai mengerjakan soal, guru kembali bertanya jawab dengan siswa. Guru menanyakan rutinitas di rumah saat hendak tidur di malam hari dan bangun di pagi hari. Rutinitas di malam hari termasuk, waktu saat tidur malam, kegiatan yang dilakukan sebelum tidur malam, waktu bangun di padi hari, dan kegiatan yang dilakukan setelah bangun di pagi hari.
·         Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak untuk meminta siswa menceritakan rutinitas siswa tersebut di rumah saat akan tidur dan bangun pagi.
·         Guru lalu melengkapi informasi tentang rutinitas saat hendak tidur di malam hari dan bangun di pagi hari bahwa tidur di malam hari yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
·         Setelah itu guru mengajak siswa untuk bernyanyi ”bangun tidur dan bangun pagi”.
10 menit
Penutup
  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
2


H.    PENILAIAN PEMBELAJARAN                                                                                         
                1.        Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Bekerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Putri












2
Siti












3
Zyan












4
………












Keterangan:
BT       : Belum Terlihat
MT      :  Mulai Terlihat
MB      :  Mulai Berkembang
SM      :  Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

                2.        Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (lembar kerja)








                3.        Penilaian keterampilan
a.   Penilaian : Unjuk Kerja
Mendemonstrasikan posisi duduk saat membaca

Kriteria

Baik sekali
4

Baik
3

Cukup
2

Perlu Pendampingan
1


1.         Kemampuan mendemon­strasikan posisi tubuh saat duduk


Siswa mampu mendemonstrasi­kan posisi tubuh yang tepat saat duduk dengan mandiri

Siswa mampu mendemonstrasikan posisi tubuh yang tepat saat duduk dengan bantuan 1 kali arahan ulang

Siswa mampu mendemonstrasi­kan posisi tubuh yang tepat saat duduk dengan bantuan lebih dari 1 kali arahan ulang

Siswa be­lum mampu mendemonstrasikan posisi tubuh yang tepat saat duduk dengan bantuan 1 kali arahan ulang

2.         kemampuan mendemonstrasikan jarak yang tepat antara mata dan objek saat mem­baca

Siswa mampu mendemonstra­sikan jarak yang tepat antara mata dan objek saat membaca dengan mandiri

Siswa mampu mendemonstra­sikan jarak yang tepat antara mata dan objek saat membaca tetapi dengan 1 kali ara­han ulang

Siswa mampu mendemonstra­sikan jarak yang tepat antara mata dan objek saat membaca tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang

Siswa belum mampu men­demonstrasi­kan jarak yang tepat antara mata dan objek saat membaca
Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................

......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1



( ___________________ )
NIP ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAKALAH BUDAYA CAROK MADURA

BAB I PENDAHULUAN A.     LATAR BELAKANG Masyarakat Madura dikenal memiliki budaya yang khas, unik, dan, identitas budayanya itu d...