RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SDN Merah putih
Kelas
/ Semester : I / 1
Tema
/ Subtema : Diriku / Tubuhku
Pembelajaran : 3
Alokasi
Waktu : 1 x 15 menit
A.
KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman dan guru
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam
karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B.
KOMPETENSI
DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
3.4 Mengenal kosa kata
tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya melalui teks pendek
(berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan atau syair lagu)
Indikator
:
3.4.1
Menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan tepat
Ppkn
4.2 Melakukan
kegiatan sesuai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Indikator
3.2.34 Menggali informasi
tentang hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan aturan menjaga kesehatan tubuh di rumah.
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan memperhatikan gambar dan melihat
contoh dari guru, siswa dapat menunjukkan dan mendemonstrasikan posisi yang
tepat saat duduk dan membaca.
2.
Dengan mengamati gambar dan mendengarkan
penjelasan guru, siswa dapat menggali informasi tentang waktu yang tepat untuk
tidur di malam hari dan bangun di pagi hari.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
¡ Cara membaca dengan tepat
¡ Menjaga kesehatan tubuh
E.
METODE
PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan :
Saintifik
¡ Metode : Demonstrasi
F.
SUMBER,
ALAT DAN
MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2015, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Buku
Guru Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2015, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2015).
¡ Gambar-gambar posisi
tubuh saat membaca
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Guru
memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing.
Guru
mengecek kesiapan diri siswa dengan menanyakan kabar siswa dan menanyakan apakah ada siswa yang
tidak masuk
Menginformasikan subtema yang akan
dibelajarkan yaitu tentang ”tubuhku”.
Guru memberi sedikit ulasan tentang pembelajaran minggu
sebelumnya
|
3 menit
|
Inti
|
Tubuhku
·
Guru memancing siswa dengan bertanya apakah ada yang suka membaca? Buku
apa yang suka dibaca? Minta siswa mendemonstrasikan posisi duduk dan jarak
mata dengan objek saat membaca di rumah.
·
Guru mengamati para siswa.
·
Setelah itu, guru memperlihatkan gambar yang menunjukkan posisi tubuh
yang tepat saat membaca. Guru juga memperlihatkan gambar yang menunjukkan
poisisi tubuh dan jarak mata dengan objek saat membaca.
·
Guru bertanya pada siswa apa pendapat mereka tentang gambar-gambar
tersebut. Minta siswa membandingkan antara gambar dengan posisi tubuh mereka
saat duduk dan membaca yang mereka demonstrasikan.
·
Setelah selesai mengerjakan soal, guru kembali bertanya jawab dengan
siswa. Guru menanyakan rutinitas di rumah saat hendak tidur di malam hari dan
bangun di pagi hari. Rutinitas di malam hari termasuk, waktu saat tidur
malam, kegiatan yang dilakukan sebelum tidur malam, waktu bangun di padi
hari, dan kegiatan yang dilakukan setelah bangun di pagi hari.
·
Guru lalu menunjuk beberapa siswa secara acak untuk meminta siswa
menceritakan rutinitas siswa tersebut di rumah saat akan tidur dan bangun
pagi.
·
Guru lalu melengkapi informasi tentang rutinitas saat hendak tidur di
malam hari dan bangun di pagi hari bahwa tidur di malam hari yang cukup
sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.
·
Setelah itu guru mengajak siswa untuk bernyanyi ”bangun tidur dan bangun
pagi”.
|
10 menit
|
Penutup
|
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
2
|
H.
PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
Putri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Siti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Zyan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
………
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT : Belum Terlihat
MT : Mulai
Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
SM : Sudah
Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom
yang sesuai
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes tertulis (lembar kerja)
3.
Penilaian keterampilan
a. Penilaian : Unjuk Kerja
Mendemonstrasikan posisi duduk saat membaca
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
......, ........................ 20 .....
Guru Kelas 1
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar